Kamis, 21 November 2013

10 Fakta Menarik Tentang Chocolate



10 fakta menarik tentang cokelat
10 fakta menarik tentang cokelat

Siapa yang tidak suka coklat? Hampir semua orang menyukai makanan ini dan menjadikan coklat sebagai rutinitas dalam kehidupan kita. Ada banyak fakta tentang coklat yang tidak semua orang mengetahuinya, berikut fakta mengejutkan seputar coklat. Beberapa diantara fakta tersebut cukup aneh, menyedihkan bahkan konyol.


Fakta no 1: Para petani cokelat adalah budak.
Pernahkah anda bertanya-tanya darimana coklat berasal? Banyak dari coklat tersebut datang dari para buruh pada usia anak-anak, kabarnya di Afrika saja, sekitar 56-72 juta anak-anak bekerja pada pertanian coklat. Mereka sering kali ditipu, dipaksa bekerja dan dijual sebagai budak.

Fakta no 2: Coklat sekarang hanya mengandung beberapa persen coklat asli.
Tidak ada patokan baku untuk coklat selain Dark Chocolate. Di Inggris kandungan coklat sedikit lebih tinggi pada pemanisnya. Di Amerika, coklat susu hanya mengandung sepuluh persen dari chocolate liquor, padahal seharusnya paling tidak jumlahnya tiga puluh persen.
Fakta no 3: Coklat susu termasuk inovasi baru.
Dark chocolate cukup populer beberapa tahun terakhir ini, tetapi tidak sepopuler coklat susu yang baru diciptakan setelah tahun 1875. Coklat susu ditemukan dengan cara mencampur susu kental manis ke dalam adonan coklat. Produk tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang laki-laki bernama Nestle.
10 fakta menarik tentang cokelat
Fakta no 4: Penduduk Aztec dan Maya menggunakan coklat sebagai mata uang mereka.
Sejarah dari coklat itu sendiri cukup banyak diketahui bermula pada suku Maya. Biji kakao dulunya sangat berharga bagi mereka, sampai-sampai mereka menggunakannya sebagai mata uang. Dikatakan bahwa sepuluh biji bisa membeli seekor kelinci, bahkan seorang pelacur. Dan seratus biji kakao cukup untuk membeli seorang budak, dimana saat itu perbudakan adalah hal yang sah-sah saja. Ketika penduduk Aztec datang, mereka mengadopsi tradisi ini dan tetap menggunakan biji kakao sebagai mata uang.
Fakta no 5: Coklat kaya antioksidan dan sangat baik untuk anda.
Kandungan flavonoid pada coklat disebut flavonol dan procyanidins, yang baik untuk jantung dan dapat mencegah timbulnya kanker. Penting untuk dicatat bahwa semakin tinggi kandungan coklat semakin baik manfaatnya bagi anda.
Fakta no 6: Coklat tidak hanya mengandung kafein tetapi juga mengandung zat Theobromine.
Zat ini mirip dengan kafein, tetapi memiliki efek stimulan yang lebih ringan. Beberapa riset menunjukkan bahwa zat ini bisa mencegah anda dari batuk. Namun jika dikonsumsi berlebihan, zat ini bisa menyebabkan keracunan, binatang atau orang lanjut usia lebih rentan keracunan zat ini.
Fakta no 7: Para penguasa Aztec hobi minum coklat panas.
Mereka biasa minum coklat kental dan pahit lima kali sehari.Apa yang benar-benar menarik adalah mereka tidak benar-benar minum cokelat panas, mereka minum saat coklat tersebut dingin dan tanpa gula. Orang-orang Spanyol lah yang pertama kali menambahkan gula ke minuman tersebut.
10 fakta menarik tentang cokelat
Fakta no 8: Perusahaan industri coklat mencoba untuk mendapatkan bahan pengganti untuk coklat.
Beberapa tahun yang lalu saat popularitas coklat meningkat, produsen coklat di Amerika mencoba untuk meminta persetujuan dari FDA untuk menggantikan cocoa butter dengan Minyak Sayur dan tetap menyebutnya coklat. Untungnya FDA tidak menyetujui permintaan mereka. Ini akan jadi kebohongan publik!
Fakta no 9: Coklat langka!
Kelangkaan coklat terjadi karena penyakit misterius yang menyerang pohon coklat di Amerika Latin, dimana daerah ini adalah produsen coklat terbesar di dunia. Sementara permintaan coklat terus bertambah dan membuat persediaan coklat yang cukup untuk memuaskan konsumen sangatlah sulit. Ditambah dengan kekeringan yang saat ini melanda wilayah Afrika. Ancaman kekeringan sama buruknya dengan penyakit misterius tersebut.
10 fakta menarik tentang cokelat
Fakta no 10: Coklat batangan terbesar beratnya hampir enam ton.
Pada september 2011, sebuah coklat batangan dibuat dengan berat hampir dua belas ribu pounds. Coklat tersebut membutuhkan tujuh belas ribu pounds cocoa butter dan sekitar empat belas ribu chocolate liquor. Dan baru-baru ini di Inggris, rekor ini dipecahkan dengan coklat batangan yang lebih besar lagi. Untungnya, semua coklat tersebut tidak terbuang sia-sia. Bagian tertentu dari coklat ini dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian dijual. Dan semua keuntungan dari penjualan coklat tersebut akan dipakai untuk kegiatan amal.

sumber: 
http://www.astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar